Rumah Tahfidz TES (RTT) menjadi ladang amal kami yang terbaik saat ini. Maklum kami masih hamba yang penuh dosa, sehingga butuh amal yang berpanjang usia.
Rumah Tahfidz TES (RTT) memiliki sejarah pendirian yang unik dan penuh pertolongan Allah. Bagaimana tidak, kami para pendiri (Saya, Istri, Pa Sutrisno, dan Pa Aep) bukanlah seorang yang telah hafal 30 Juz dari Al Quran dan bukan pula lulusan pesantren Tahfidz. Namun, jauh di lubuk hati kami yang paling dalam, kami ingin memperbaiki diri kami dan generasi bangsa ini dengan menjadikan kita semua Hafal Al Quran 30 Juz. 
Sesuai dengan namanya, Rumah Tahfidz TES (RTT) dimaksudkan untuk membuat rumah-rumah atau masjid menjadi tempat para penghafal Al Quran dengan menggunakan Metode TES, metode yang ditemukan pada Ramadhan 1434 H (2012 M) dan bertujuan untuk meningkatkan interaksi kita dengan Al Quran. 
Sejarah Rumah Tahfidz TES (RTT) bermula pada berkumpulnya para pendiri di markaz pertama kami (rumah kami sendiri) pada Ramadhan 1436 H (2014 M). Saat itu, kami berniat untuk membuat sarana menghafal Al Quran yang bisa dinikmati oleh setiap anak muslim, tak terbatas dari mana dia berasal ataupun dimana sekolahnya. Oleeh karena itu, kami buat kurikulum yang mudah dan bisa diaplikasikan siapa aja, serta pertemuan yang fleksibel (3x per pekan). Itulah Metode TES untuk tahfidz.  Lalu dibuatlah Rumah Tahfidz TES (RTT) dengan kelompok-kelompok kecil berjumlah 15 - 20 anak dengan basis komunal, yaitu anak kita dan teman-teman disekitar rumah. Hal ini juga mengantisipasi lingkungan agar turut mempengaruhi semangat anak dalam menghafal Al Quran. Sehingga sang anak yang sedang menghafal itu punya teman yang sama-sama sedang menghafal Al Quran, dan biasanya menambah semangat serta istiqamah, dan alhamdulillah terbukti.
Pertanyaan yang muncul saat itu adalah, siapa yang kan mengajar, lalu bagaimana dengan kafalahnya (honornya)? Sedangkan disisi lain, kita tidak ingin memberatkan siswa dengan biaya. Karena itu, kami pun berfikir untuk mencari donatur yang siap untuk menyisihkan sebagian rezekinya setiap bulan untuk proyek ini. Alhamdulillah kami pun tidak pernah ragu dengan Firman Nya di Al Quran yang kan menolong hamba Nya yang menolong agama Nya.
Singkat cerita setelah kami tawarkan program ini melalui media sosial Metode TES, ada 3 kelompok pertama Rumah Tahfidz TES (RTT) yang terbentuk sejak tanggal 18 Agustus 2014 yaitu di Nambo (Markaz RTT), Komplek Damar Mas dan di Pasir Pogor. Setelah itu terbentuklah beberapa RTT di beberapa Kecamatan di Kabupaten Bandung seperti Margaasih, Soreang, Cicalengka hingga Ciwidey. Alhamdulillah hingga saat ini (18 Agustus 2014 - 24 Mei 2016) telah terbentuk 47 Grup  Rumah Tahfidz TES (RTT) dengan total  1.048 siswa terdaftar. Cerita berlanjut dengan penambahan grup dan siswa baru sehingga pada Mei 2015 siswa Rumah Tahfidz TES (RTT) mencapai 600 anak dan semuanya GRATIS.
Alhamdulillah hingga saat ini (18 Agustus 2014 - 24 Mei 2016) telah terbentuk 47 Grup  Rumah Tahfidz TES (RTT) dengan total  1.048 siswa terdaftar.
Untuk memberikan penghargaan kepada anak-anak yang telah bersungguh-sungguh dalam mengikuti kelas Rumah Tahfidz TES (RTT) dan hafal 30 Juz, maka pada bulan Mei 2015 kita menyelenggarakan Wisuda Juz 30 pertama kali dengan mewisuda 228 Anak yang hafal Juz 30. Dan beruntungnya, saat itu Wisuda Juz 30 kami dihadiri oleh Bapak Bupati Bandung, H. Dadang M. Nasser, SH, S.IP yang juga memberikan sambutan dan penghargaan serta motivasi kepada Rumah Tahfidz TES (RTT). Terima kasih Pak Bupati.






 


Nanti dilanjutkan yah..... 

-Bang Jemmi- 

Komentar